Menhub Mendorong Konsep Check-in Pesawat di Stasiun Kereta Bandara Manggarai

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, tengah berupaya untuk memungkinkan masyarakat melakukan proses check-in pesawat di Stasiun Manggarai dengan menggunakan kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Wacana tersebut diungkapkan oleh Budi Karya saat melakukan peninjauan terhadap sarana dan prasarana kereta api bandara yang menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta, pada hari Minggu (28/5) ini.

"Saat ini, salah satu hal yang kami pertimbangkan adalah bagaimana melaksanakan proses check-in tidak lagi di bandara, melainkan di stasiun kereta, baik itu di Manggarai maupun di Bekasi, sebagai contoh," kata Budi Karya di Stasiun BNI City, Jakarta, pada hari Minggu (28/5).

Sebaliknya, masyarakat yang melakukan perjalanan dari bandara ke stasiun tidak perlu khawatir membawa barang bawaan mereka, karena semuanya akan terintegrasi secara langsung dengan stasiun kereta.

"Dan sebaliknya, ketika mereka kembali dari bandara ke Jakarta, mereka tidak perlu membawa barang bawaan mereka sendiri. Mereka hanya perlu menyerahkan barang bawaan mereka di satu loket, yang akan dikumpulkan dan diangkut ke tempat yang ditentukan," ujar Budi Karya.

Lebih lanjut, Menhub mengungkapkan bahwa Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga sedang berdiskusi untuk meningkatkan efisiensi angkutan umum di Jakarta agar dapat mencapai semua tempat dengan lebih baik.

Budi menjelaskan bahwa saat ini Kemenhub sedang berusaha untuk memetakan moda transportasi yang menjadi sarana angkutan massal yang dapat diandalkan, karena praktis, tepat waktu, dan mampu mencapai semua lokasi.

"Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Pak Gubernur DKI untuk mengintegrasikan berbagai moda transportasi seperti bus, kereta api, dan angkutan lainnya dengan baik," tutur Budi Karya.

Sebelumnya, KAI Commuter berencana untuk mulai mengoperasikan 56 perjalanan Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta relasi Stasiun Manggarai-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta PP mulai tanggal 1 Juni 2023. Jumlah perjalanan kereta bandara tersebut akan bertambah sebanyak 16 perjalanan dari yang ada saat ini.

Kedepannya, akan terdapat 28 perjalanan dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, dimulai dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB. Sedangkan untuk perjalanan sebaliknya dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta menuju Stasiun Manggarai, juga akan tersedia 28 perjalanan mulai pukul 06.15 WIB hingga pukul 22.45 WIB.

Sumber :
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.