Meningkatnya Logistik ke IKN Dorong Penambahan Kapal di Rute Surabaya-Balikpapan

DIGITALINDO - Kebutuhan kapal tujuan Ibu Kota Negara (IKN) mulai meningkat untuk memenuhi kebutuhan distribusi logistik, permintaan terus meningkat. Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di sela-sela acara peresmian kapal KM Dharma Kencana V yang dioperasikan  PT Dharma Lautan Utama (DLU) di pelabuhan Tanjung Perak, Sabtu (18/5) lalu.

 

Menteri Perhubungan dalam siaran pers resmi yang dikutip, Minggu (19 Mei 2024), mengatakan, “Kita tahu bahwa perencanaan pembangunan IKN menimbulkan banyak permintaan kebutuhan pembangunan, dari berbagai daerah di Indonesia hingga kawasan pengembangan IKN. ". . 

 

KM Dharma Kencana V menempuh rute panjang antar pulau dari Surabaya hingga Balikpapan. Menhub berharap kapal ini dapat mendukung perkembangan IKN dengan baik. Pemerintah kini sedang mempercepat pembangunan IKN, hingga upacara kemerdekaan akan digelar pada 17 Agustus  di ibu kota baru. Untuk itu, pengerjaan beberapa infrastruktur seperti jalan tol, bandara, dan infrastruktur pendukung lainnya terus dikebut.


Di sinilah kapal  Dharma Lautan Utama berperan sangat penting dalam menyuplai armadanya, khususnya dalam distribusi logistik dari Surabaya, jelas Menhub. Tol IKN sepanjang 27 km diharapkan beroperasi  gratis untuk menyambut tamu yang menghadiri perayaan Hari Nasional pada 17 Agustus mendatang. Kendaraan tol Balikpapan-Samarinda dari Balikpapan selanjutnya bisa masuk tol IKN di KM 11.

 

Kemudian berjalan sejauh 27 km  hingga mencapai Jembatan Pulau Balang sebelum memasuki kawasan IKN. Selain itu, bandara VVIP IKN juga siap beroperasi  Agustus mendatang meski hanya mampu menampung 3 pesawat. Pengoperasian bandara  masih cukup terbatas,  menunggu pekerjaan konstruksi selesai sepenuhnya.

Sumber : sindonews.com
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.