Selama Periode Mudik, Tol Tangerang-Merak Dilintasi 1,6 Juta Kendaraan

Pada hari kedua Lebaran pada 23 April 2023, sebanyak 1.665.567 kendaraan telah melintasi Tol Tangerang-Merak. Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tamer, Uswatun Hasanah, menyatakan angka tersebut terhitung sejak H-10 atau 12 April 2023.

Dari jumlah kendaraan tersebut, gerbang Tol Merak mencatatkan trafik tertinggi dengan 21.716 kendaraan per hari. Jumlah tersebut merupakan rekor lalu lintas terpadat di gerbang tol Merak sepanjang tahun. Terletak dekat dengan Pelabuhan Merak, menjadi alasan utama mengapa gerbang tol ini menjadi pintu masuk yang ramai.

Uswatun mengklaim arus mudik tahun ini di ruas Tol Tangerang-Merak cenderung normal lancar. Salah satu faktor penyebabnya adalah penyeberangan ke Sumatra tidak terpusat di Merak. Hal ini membuat arus kendaraan di gerbang tol Merak menjadi lebih mudah diprediksi dan diatur.

Uswatun memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 akan terjadi pada 30 April 2023. Diperkirakan sebanyak 174.294 kendaraan akan melintasi tol pada hari tersebut. Uswatun berpendapat bahwa pemudik masih akan memperpanjang cuti setelah cuti bersama habis, terutama mengingat tanggal 1 Mei 2023 menjadi hari libur nasional.

Untuk memberikan kemudahan bagi para pemudik dalam melakukan perjalanan, pihak Astra Tol Tangerang Merak memberikan diskon tarif jarak terjauh Cikupa-Merak sebesar 20 persen untuk semua golongan kendaraan pada 27 April hingga 29 April 2023. Diskon tarif ini diharapkan dapat meringankan biaya transportasi para pemudik yang hendak kembali ke tempat asal setelah menjalankan ibadah lebaran.

 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.